Kamis, 22 Oktober 2015

Apakah Berbisnis Batu Akik Bisa Bertahan Lama?


Beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah media online, di sana disebutkan bahwa saat ini bisnis batu akik sudah mengalami penurunan drastis. Bahkan banyak pedagang akik yang mengalami rugi, seperti yang dialami oleh teman saya seorang pedagan batu akik di Pasar Rawa Bening, Jatinegara. Sebut saja Lukman.

Menurut Lukman, saat ini bisnisnya akik nya sudah mengalami kerugian karena animo masyarakat terhadap batu mulia ini sudah menurun. Bahkan batu akik yang dulunya dia beli dengan harga yang cukup tinggi, sekarang terpaksa dijual dengan harga yang jauh lebih murah agar uangnya bisa diputarkan untuk bisnis lain.

Kalau dulu Lukman bisa mendapatkan omzet mencapai Rp 150 juta setiap bulannya. Berbeda dengan sekarang, setelah anemo masyarakat terhadap batu akik menurun, omzetnya juga menurun drastis hingga 50%. Sekarang omzetnya hanya sebesar Rp 70juta perbulan.

Apakah Bisnis Batu Akik Ini Bisa Bertahan Lama?

Yang saya temukan di lapangan adalah, pengusaha batu akik yang sudah menjalankan bisnis ini sejak lama ternyata tidak mengalami kendala seperti yang dialami oleh Lukman. Jadi, penurunan omzet hanya terjadi pada mereka para pemain baru di bisnis ini. 

Seorang pebisnis batu akik menyebutkan bahwa naik turunnya omzet di bisnis akik ini sebenarnya hal yang wajar karena memang ada musimnya. Bila saat ini sedang sepi, maka akan ada masanya demam batu akik akan terjadi lagi. Ini akan terjadi terus menerus, para pemain lama sudah mengerti dengan siklus ini.

Selain itu, memang ada beberapa jenis batu akik yang tetap memiliki banyak penggemar, sedangkan beberapa jenis batu akik lainnya sudah hilang dari pasar karena tidak banyak peminatnya. Beberapa jenis batu akik yang kurang diminati konsumen diantaranya; Raflesia Bengkulu, Kinyang, dan beberapa batu lain yang harganya murah.

Menurut saya demam batu akik ini akan muncul kembali di masa yang akan datang. Walaupun sekarang ini peminatnya tidak begitu kelihatan, tapi suatu saat pasti akan datang lagi masa-masa di mana para pecinta gemstone akan banyak berburu batu akik. Jadi, sebenarnya bisnis batu akik ini cukup menjanjikan, walaupun bisnis ini memiliki tantangan tersendiri.

Baca juga:

  1. Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Internet
  2. Peluang usaha di bulan Ramadhan
  3. Peluang Bisnis Online yg Potensial
  4. Peluang Usaha Untuk Anak Kost