Sabtu, 17 Agustus 2013

Bisnis Dropship ~ Peluang Bisnis Online Tanpa Produk


Salah satu jenis bisnis online yang saat ini banyak dilakukan oleh internet marketer Indonesia adalah bisnis dropship. Bisnis ini memberikan kesempatan bagi semua orang yang ingin berbisnis online tapi tidak punya produk untuk dijual. Keuntungan yang didapatkan oleh pelaku bisnis dropship adalah dari selisih harga. 

Pemilik produk yang ingin meningkatkan hasil penjualan produk mereka tentu saja sangat diuntungkan karena akan menghemat biaya promosi. Selain itu, proses marketing juga akan lebih mudah, jadi mereka lebih fokus pada pengadaan barang, pengiriman barang, dan komunikasi dengan para dropshipper.

Konsumen mendapatkan barang tersebut dari supplier, namun nama pengirim yang tertera di kemasan produk tersebut adalah dari dropshipper. Ini tentunya menguntungkan pihak dropshipper sehingga mereka tidak akan kehilangan pelanggan dan nama baik mereka tetap terjaga.

Bisnis dropshipper biasanya dipasarkan dengan bantuan website dan media sosial. Selain itu, komunitas tertentu, misalnya komunitas pengguna BBM juga bisa menjadi target market yang potensial untuk menjalankan bisnis dropship. 

Saat ini ada banyak sekali pebisnis online yang menjalankan bisnis dropshipping. Tentunya ini bisa saja membuat calon pembeli menjadi bingung karena persaingan dan layanan dari penjual semakin sengit. Selain itu, pembeli sekarang ini semakin waspada untuk melakukan transaksi online karena di Indonesia cukup banyak terjadi penipuan online.

Berikut ini adalah beberapa poin yang harus kita perhatikan ketika menjalankan bisnis dropship;

1. Pilihlah supplier dari grosir atau wholesale karena biasanya mereka menawarkan harga yang lebih murah. Mereka lebih fokus pada jumlah penjualan.

2. Pilihlah supplier yang punya sistem atau aturan yang sudah jelas terkait proses konfirmasi dan proses pengiriman barang.

3. Supplier yang baik biasanya akan menanyakan nama toko online kita atau setidaknya data pribadi kita. Jadi ketika mereka mengirimkan barang ke pembeli, nama pengirim yang mereka tuliskan di kemasan adalah nama toko online kita.

4. Pilihlah supplier yang mudah dihubungi dan menyediakan fasilitas komunikasi, baik itu melalui  email, chatting, BBM, Whatssapp, dan lain-lain.

5. Ada baiknya kita melakukan pemeriksaan sebelum memilih supplier, apakah mereka bisa dipercaya atau tidak. Kita bisa melakukan ini dengan bantuan mesin pencari Google.

Baca artikel lainnya ya:
  1. Bisnis kuliner Angkringan Nasi Kucing 78
  2. Berniat berbisnis jengkol?
  3. Cara mendapatkan uang dari internet
  4. Cara daftar twitter dengan cepat


0 komentar:

Poskan Komentar

Halo sobat blogger, terimakasih atas kunjungan kamu. Silahkan kirimkan komentar supaya saya juga bisa tahu tentang blog kamu. Mohon jangan meninggalkan komentar SPAM ya, karena saya selalu menghapus komentar yang tidak baik. Terimakasih, Salam Blogger :)