Sabtu, 27 Juli 2013

Apa itu Email dan Fungsinya Buat Kita?

Pengguna internet saat ini pasti sudah memiliki email sendiri. Namun, walaupun banyak yang sudah punya email, masih ada beberapa yang belum mengerti apa itu email, apa fungsinya, dan bagaimana cara menggunakannya.

Dari definisinya kita sudah bisa mengerti bahwa Email atau Electronic Mail adalah surat elektronik. Surat yang dikirimkan tidak berbentuk fisik tapi digital yang dikirimkan melalui media internet dan hanya bisa dibuka dengan media internet juga.

Email tidak membutuhkan perangko atau ampop sebelum mengirimkannya. Kita bisa langsung mengirimkannya ke inbox penerima jika kita telah mengetahui alamat emailnya. Membuat email baru tidak sulit, bahkan hanya butuh waktu sekitar beberapa menit saja, kunjungi link berikut ini Cara Membuat Email.

Email adalah salah satu fasilitas yang paling sering digunakan jika seseorang mengakses internet. Ketika mereka ingin membuat sebuah akun media sosial pasti harus memiliki alamat email, atau kegiatan lainnya seperti transaksi online dan sebagainya. Terkadang email itu seperti identitas online seseorang di internet.

Kita bisa mengirimkan surat elektronik ke mana saja asalkan kita tahu alamat email yang kita tuju. Tidak perduli dimana lokasi orang yang punya email, kita tetap bisa mengirimkan surat elektronik kepadanya, dan tentunya biayanya tidak mahal, cukup hanya biaya akses internet. Informasi lebih lanjut tentag email bisa dibaca di Wikipedia.

Komponen Khas dari Sistem Email

Sebagian besar sistem email menyertakan editor teks dasar untuk menulis pesan, namun banyak yang memungkinkan Anda mengedit pesan menggunakan editor yang Anda inginkan. Beberapa sistem juga akan menyediakan format dasar, termasuk bold, italics, font color dan HTML.

Anda dapat menggunakan program ini untuk mengirim pesan ke penerima dengan menentukan alamat penerima. Anda juga dapat mengirim pesan yang sama ke beberapa pengguna sekaligus. Ini disebut penyiaran.

Email Disediakan oleh Layanan Online dan ISP

Semua layanan online dan Internet Service Provider (ISP) menawarkan email, dan sebagian besar juga mendukung gateway sehingga Anda dapat bertukar email dengan pengguna sistem lain. Biasanya, hanya butuh beberapa detik atau menit untuk surat sampai ke tujuannya. Ini adalah cara yang sangat efektif untuk berkomunikasi dengan orang lain karena Anda dapat menyiarkan pesan atau dokumen kepada semua orang dalam kelompok sekaligus.

Meskipun sistem email yang berbeda menggunakan format yang berbeda, namun ada beberapa standar baru yang memungkinkan pengguna di semua sistem untuk bertukar pesan. Di PC World, standar e-mail penting adalah MAPI. Organisasi standar CCITT telah mengembangkan standar X.400, yang mencoba memberikan cara universal untuk menangani pesan.

Sampai saat ini, standar pengalamatan de facto adalah sistem yang digunakan oleh sistem Internet karena hampir semua sistem e-mail memiliki gateway Internet.

Semoga bermanfaat